Kamis, 14 April 2016

GAYA MENGAJAR INKLUSI (Inclusion Style)

Gaya Inklusi
Pada gaya inklusi, guru berperan sebagai pembuat keputusan dalam perencanaan, sedangkan peserta didik menentukan pilihan terhadap kelompok kegiatan dalam pelaksanaan dan evaluasi. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru terlebih dahulu menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan, dan menetapkan pembagian level, atau kelompok kegiatan atas dasar kemampuan peserta didik yang terkait dengan tingkat berat dan kesulitan aktivitas yang akan dilakukan. Misal level 1 merupakan level yang paling mudah, level 2 lebih sulit dari pada level 1, level 3 lebih sulit dari pada level 2 dan seterusnya. Disamping menetapkan pembuatan level, guru juga menetapkan kriteria kemampuan pada tiap levelnya. Selanjutnya siswa secara bebas boleh memilih aktivitas pada level yang mereka anggap sesuai dengan kemampuannya (siswa) sendiri dan siswa diberi kesempatan untuk mengevaluasi kemampuan dirinya atas dasar lembar kriteria kemampuan yang telah dibuat oleh guru dan mengambil keputusan untuk berpindah level yang ada diatasnya (yang lebih tinggi). Untuk pelaksanaan gaya inklusi, siswa terlebih dahulu harus pernah melakukan pembelajaran teknik dasar.
Tujuan Gaya Inklusi :
  •    Melibatkan semua siswa
  •    Penyesuaian terhadap perbedaan individu 
  •    Memberi kesempatan untuk memulai pada tingkat kemampuan sendiri 
  •    Memberi kesempatan untuk mulai kerja dengan tugas-tugas yang ringan ke berat, sesuai dengan tingkat kemampuan siswa 
  •    Belajar melihat hubungan antara kemampuan merasa dengan tugas apa yang dapat dilakukan oleh siswa 
  •    Individualisasi dimungkinkan, karena memilih diantara alternatif tingkat tugas yang telah disediakan
Peranan Guru:
·    Membuat keputusan pada pra pertemuan
·    Harus merencanakan seperangkat tugas-tugas dalam berbagai tingkat kesulitan yang disesuaikan dengan perbedaan individu dan yang memungkinkan siswa untuk beranjak dari tugas yang mudah ke tugas yang sulit
 
Implikasi Gaya Inklusif :
  • Siswa dapat terlayani dengan perbedaan individu 
  • Adanya perbedaan antara pengetahuan yang dimiliki siswa dengan kenyataan yang ada 
  • Fokus perhatian ke individu siswa 
  • Siswa membandingkan konsep mereka sendiri yang berkaitan dengan penampilan fisik 
  • Memilih dan merancang pokok bahasan
Keputusan-Keputusan Siswa:
·    Memilih tugas-tugas yang tersedia
·    Melakukan penafsiran sendiri dan memilih tugas awalnya
·    siswa mencoba tugasnya
·    Siswa menentukan untuk mengulang, memilih tugas yang lebih sulit atau lebih mudah, berdasarkan hasil tugas awal
·    Mencoba tugas berikutnya
·    Siswa menilai/menaksir hasil-hasilnya
·    Prosesnya dilanjutkan
 
Contoh kertas tugas gaya inklusi :
 
KERTAS TUGAS GAYA INKLUSI (CAKUPAN)

Nama Siwa      : ……………………………..
No. Absen       : ……………………………..
Kelas               : ……………………………..

Materi                         : Passing permainan sepak bola

Petunjuk umum        :
  1. Pilihlah betuk latihan passing sepak bola yang tersedia sesuai kemampuan anda.
  2. Setelah anda dapat melakukan 3 kali pada level 1 atau yang lain dapat diteruskan ke level yang lebih tinggi.
Petunjuk khusus:
  1. Siswa melakukan passing datar kearah teman.
  2. Tendangan manggunakan kaki bagian dalam.
  3. Saat passing, bola harus tetap menyusur tanah dan harus melewati 2 kun yang tertata.
  4. Usahakan arah bola tepat pada teman sehingga mudah dikontrol.
  5. Siswa yang menerima bola melakukan passing balik ke teman.
  6. Pada jarak yang lebih jauh gunakan kekuatan tendangan yang lebih besar.

Tugas
Level 1
Level 2
Level 3
Passing menggunakan kaki bagian dalam dengan jarak antara titik passing terhadap sasaran teman telah ditentukan.
Passing menggunakan kaki bagian dalam dengan teman sejauh 5 meter.
Passing menggunakan kaki bagian dalam dengan teman sejauh 5 meter, bola menyusur diantara 2 kun.
Passing menggunakan kaki bagian dalam dengan teman sejauh 7 meter, bola menyusur diantara 2 kun.
Gambar          :
Level 1




                                                                                
 5 meter
Level 2

             5 meter
Level 3
             7 meter
 

1 komentar: